Hadrotus Syeikh Abd. Wahid bin Khudzaifah Qs. Mursyid Silsilah ke-45*

Al-Mursyid Al-Kamil Al-Arif Billah Sayyidina Abdul Wahid Khudzaifah Qs.
Al-Mursyid Al-Kamil Al-Arif Billah Sayyidina Abdul Wahid Khudzaifah Qs.

Al-Maghfurlah Al-Arif Billah Hadrotus Syeikh Abd. Wahid bin Khudzaifah Qs. Atau sering dipanggil Kyai Wahid adalah salah satu ulama yang menekuni Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah di Sampang, yang sekarang terkenal dengan nama Naqsyabandiyah Gersempal. Beliau juga merupakan Pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum Gersempal Omben Sampang, yang juga terkenal dengan kehebatannya dalam mengarang kitab.

Semangat Kyai Abdul Wahid Khudzaifah dalam memperjuangkan ilmu Allah dan dakwah sangat luar biasa. Hal itu beliaukui oleh para santri dan putranya, KH. Syafiuddin Abd. Wahid (beliau yang juga menjabat Rois Suriyah PC NU Sampang) dan KH. Ahmad Ja’far Abd. Wahid yang kini sebagai penerus kemursyidan ayahandanya tersebut. Keduanya menceritakan perjuangan abahnya semasa hidup.

Semenjak kecil, Kyai Abdul Wahid sudah bergelut dengan dunia pendidikan. Beliau lahir sekitar 1929 silam di Pondok Pesantren Langgar Genting Prajjan Sampang, merupakan putra dari pasangan KH. Ahmad Khudzaifah Qs. bin KH. Banu Rahmat dan Nyai Hj Rahbiyah binti KH. Zainal Abidin, sementara KH. Zainal Abidin merupakan Saudara dari KH. Ahmad Syabrowi dan Nyai Aisyah, yang ketiganya adalah Mursyid/Mursyidah Thoriqoh Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah. Beliau dilahirkan di lingkungan yang taat beragama, serta terbiasa dengan pendidikan agama dan budaya pesantren.

Saat usianya menginjak 6 tahun, Kyai Abdul Wahid belajar agama di Pesantren Prajjan, Camplong, Sampang. Beliau belajar bahasa arab kepada Syeikh Ahmad Mudhar, serta belajar ilmu nahwu sorrof kepada Kyai Syamlawi..Sebab, ibunda Kyai Abdul Wahid Khudzaifah bernama Nyai Hj. Rahbiyah merupakan keluarga besar Pondok Pesantren di Prajjan Sampang.

Di pesantren kakeknya itulah, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah terus memperdalam pendidikan agama, utamanya ilmu alat. Beliau memperdalam ilmu nahwu, shorof, bahasa Arab, dan ilmu yang lainnya. Beliau mahir dalam ilmu nahwu dan shorof sejak tingal di Prajjan.

Pada usia 17 tahun, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah mondok di Pondok Pesantren  Miftahul Ulum Bettet, Pamekasan. Semangatnya belajar agamanya kian tumbuh, utamanya ilmu nahwu. Bahkan, saat usia 20 tahun, beliau mampu mengarang kitab Bustanus Subban, kitab nahwu dengan syair seribu bait, kemudian di perpendek  menjadi Kitab Iqomatul Abniyyah (sorrof).

Kyai Abdul Wahid Khudzaifah belajar ilmu agama di Pesantren Miftahul Ulum selama 8 tahun. Hingga pada 1954, beliau dinikahkan dengan Nyai Hj. Syafiah yang tak lain cucu KH. Sirojuddin, Pengasuh Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Yang menikahkan beliau ialah KH. Sirojuddin. Selain menjadi pengasuh Miftahul Ulum, KH Sirojuddin menjadi Rois Suriyah PC NU Pamekasan yang pertama.

Usai menikah, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah sempat mengajar di Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan selama dua tahun. Kemudian, beliau hijrah bersama istrinya ke Pesantren Al-Bustan Sumber Papan di Larangan Badung, Pamekasan.

Kyai Abdul Wahid melanjutkan perjuangan ayahandanya, KH. Khudzaifah bin KH. Banu Rahmat di pesantrennya. Selain mengajar santri di pondok, beliau juga mulai aktif dalam berdakwah ke kampung-kampung, serta mengabdi dan berjuang di Pesantren Al-Bustan sekitar tiga tahun. Meski demikian, peran dakwahnya ke masyarakat tetap konsisten.

Mengikuti saran para kiai dan permintaam tokoh masyarakat, pada 1959, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah  hijrah ke Desa Gersempal, Kecamatan Omben, Sampang. Masyarakat di sana kala itu sangat membutuhkan sosok ulama yang paham agama.

Di Desa Gersempal, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah langsung mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat, utamanya pada generasi muda. Beliau langsung mendirikan majelis taklim yang pada saat itu terkenal dengan istilah Tabligh Jam’iyah. Awalnya, santrinya hanya 20 orang. Kemudian lambat laun semakin banyak hingga 400 santri, dan kini sudah ribuan santri. Beliau menamakan Pondok Pesantren yang didirikannya dengan nama Darul Ulum atau tempatnya ilmu pengetahuan. Nama itu juga yang  disarankan oleh guru beliau.

Kyai Abdul Wahid Khudzaifah tidak hanya fokus mengembangkan pesantren dan mengajar agama kepada santri. Beliau kembali berdakwah kepada masyarakat dan keliling kampung. Bahkan dakwahnya hingga ke luar Madura. Termasuk juga aktif di NU sejak tahun 1962.

Pada tahun 1963, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah juga memperdalam ilmu Tarekat Naqsyabandiyah kepada gurunya, KH Ali Wafa Muharror di Kecamatan Ambunten, Sumenep. Beliau tidak setiap hari ke Sumenep, melainkan sepekan sekali. Sebab, masih mengajar di Pesantren Darul Ulum dan mengisi pengajian.

Kyai Abdul Wahid Khudzaifah belajar kepada KH. Ali Wafa selaku mursyid jamaah Tarekat Naqsyabandiyah. Kemudian beliau menerima ijazah kemursyidan dari gurunya tersebut tepatnya pada hari jum’at tanggal 13 Maret 1964 M atau 28 Syawwal 1383 H. Sehingga beliau berada diurutan ke 45  dalam silsilah mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah.

Karena itu, Kyai Abdul Wahid Khudzaifah tidak hanya dikenal pintar dalam ilmu-ilmu fiqh. Beliau juga dikenal ulama yang alim tentang Tasawwuf. Beliau dikenal sebagai ahli Tarekat Naqsyabandiyah, segala bidang ilmu agama banyak dikuasai, Kemudian Pada 1980, beliau pernah menjabat Rois Syuriyah PC NU Sampang.

Kyai Abdul Wahid Khudzaifah tidak pernah lelah untuk membaca dan menulis kitab. Beliau juga dikenal mahir dalam mengarang kitab. Karangannya di antaranya, Iqomatul Abniyah atau berupa syair ilmu shorof, banyak dipakai di pondok-pondok pesantren dan madrasah, Bustanus Subban, kitab nahwu, dan Zahratul Maidan sarah dari Bustanus Subban.

Selain itu, karya Kyai Abdul Wahid Khudzaifah beliauntaranya Kitab Anni’am, kitab tasawwuf, Al Anwarussathi’ah kitab balaghah, Milhul Bayan, khusus ilmu bayan cabang dari balagah, dan Alminahul Ladunniyah sarah dari Faroidul Bahiyah. Ada juga, Taisirul Murodat‎, sarah dari Warokot, dan Kasyful Ghawamidu ilmu  faroid, dan masih banyak yang lainnya. Kitab terakhir yang dikarang beliau adalah An-Ni’am Fi Nadhmil Hikam yang rampung menjelang kepergian beliau. Sementara ada satu kitab yang belum rampung hingga akhirnya beliau pulang ke rahmatullah, yaitu Kitab Madzhahibul Arba’.

Selain itu, Kiai Abd. Wahid sangat aktif dalam kegiatan bahtsul masail. Beliau cukup piawai dalam memecahkan persoalan yang beliaulami masyarakat saat itu. Semua permasalahan status hukum dalam ajaran Islam dikupas tuntas dan dicarikan solusinya.

Kyai Abdul Wahid Khudzaifah juga mengajarkan dan membait jamaah yang akan masuk Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah atau sekarang dikenal dengan Tarekat Naqsyabandiyah Gersempal.

Kyai Abd. Wahid bin Khudzaifah dikaruniai tiga orang anak. Yakni, Almarhumah Nyai Hj. Salimah Abd. Wahid (PP. Nahdlatullab Taman Anom Omben Sampang), KH. Syafiuddin Abd. Wahid (PP. Darul Ulum Gersempal Omben Sampang), dan KH. Ahmad Jakfar Abd. Wahid (PP. Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang). Hadrotus Syeikh Abd. Wahid bin Khudzaifah Qs. meninngal pada tahun 1990. Dengan begitu, perjuangannya di pesantren dan dakwah dilanjutkan KH. Syafiuddin Abd. Wahid. Dan beliau telah mengangkat putranya KH. Ahmad Jakfar Abd. Wahid Qs. sebagai Mursyid ke-46 Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah.

*Sumber KH.R. Syafiuddin Abd. Wahid, telah dimuat di Jawa Pos Radar Madura, dan di revisi sebagian berdasar dawuh dan ijin KH.R. Ahmad Ja’far Abd. Wahid. Qs. untuk dipublikasikan kembali.

One thought on “Hadrotus Syeikh Abd. Wahid bin Khudzaifah Qs. Mursyid Silsilah ke-45*

  1. Pingback: Puluhan ribu jama’ah hadiri Haul Syeikh Abdul Wahid Khudzaifah dan Masyayikh Naqsyabandiyah – Naqsyabandiyah Gersempal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*