Kyai Saiful: Beberapa perkara untuk mendatangkan ke khusyu’an dalam sholat

Tampak KH. Saifullah Ja’far menyampaikan materi pengajian pada kegiatan SITQON Ranting Blumbungan Pamekasan

KH. R. Saifullah Ja’far (Pengurus Pusat SITQON Ketua Pendidikan dan Dakwah) menjelaskan beberapa perkara yang dapat membantu seseorang agar khusyu’dalam melaksanakan sholat. Hal tersebut beliau sampaikan pada kegiatan Majelis Dzikir Wat Ta’lim SITQON Ranting Blumbungan Pamekasan (10/2). Beberapa perkara yang dirangkum oleh redaksi diantaranya adalah bahwa … kata khusyu’ memiliki makna yang sama dengan tawaddu’ atau tunduk. Hanya menurut pendapat ulama’ sufi, kata Khusyu’ dipakai untuk seorang hamba dalam menghadap Allah SWT, sementara tawaddu’ dipakai untuk berhubungan dengan sesama manusia. Adapun hukumnya di dalam sholat adalah sunnah.

Menurut beliau (yang juga sebagai pengasuh PP. Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang) bahwa … agar seorang hamba hendaknya menghadap rob-Nya dalam keadaan hina (apes), kemudian harus diam / tenang dalam sholat dan menampakkan  bahwa diri kita tidak bernilai apa-apa,  dan sangat butuh pertolongan Allah agar sholat kita diterima. … Jika tidak mampu khusyu’ keseluruhan dalam sholat, maka jangan tinggalkan minimal didalam 3 perkara. Yaitu ketika masuk ke do’a iftitah dalam kalimat inni wajjahtu wajhiya ….. dan ketika membaca Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (dalam Surah Al-Fatihah), kemudian ketika duduk tasyahud dalam kalimat Assalamu’alaika ayyuhan nabi… beliau juga menjelaskan beberapa perkara dalam gerakan sholat (dengan mengutip pendapat Imam Ghazali) yang dapat membantu seseorang agar khusyu’ dalam sholatnya… di antaranya ketika berdiri mengarahkan (menundukkan) padangan ke tempat sujud, melihat kedua kaki ketika ruku’, melihat ujung hidung ketika sujud, dan melihat paha ketika duduk tasyahhud.

Acara yang ditempatkanUstad Agus Salim tersebut, dihadiri oleh Jama’ah SITQON Ranting blumbungan dan sekitar, yang semenjak sore harinya dimeriahkan dengan pembacaan Sholawat oleh kelompok Hadrah Al-Banjari PC. SITQON Pamekasan. Sementara setelah kegiatan usai, para Imam Khwajagan Naqsyabandiyah Gersempal dan Pengurus  SITQON Cabang Pamekasan mengadakan musyawarah untuk pembentukan kepengurusan SITQON di tingkat kecamatan.

Jama’ah SITQON Blumbungan mengikuti kegiatan Majelis Dzikir Wat Ta’lim
Jama’ah SITQON Blumbungan mengikuti kegiatan Majelis Dzikir Wat Ta’lim
Tampak para Imam Khwajagan Naqsyabandiyah Gersempal untuk wilayah Pamekasan dan PC. SITQON Pamekasan mengadakan musyawarah usai kegiatan Majelis Dzikir Wat Ta’lim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*