Masyarakat & Santri Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal, Rayakan Tahun Baru Islam

Tampak Hadrah Al-Banjari “Babus Salam” PP. Darul Ulum II Al-Wahidiyah melantunkan Sholawat

Momentum 1 Muharrom 1441 H yang merupakan hari peringatan tahun baru Islam, menjadi ajang perayaan bagi Santri PP. Darul Ulum II Al-Wahidiyah, mereka mengadakan kegiatan yang dikemas dengan “Silaturrahim Masyarakat dan Santri Pondok Pesantren Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang Dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1441 H”. semua santri dan masyarakat berkumpul dilapangan dengan disuguhkan Sholawat Al-Banjari “BABUS SALAM” yang dilantunkan oleh santri.

Dengan mengundang beberapa tokoh serta masyarakat sekitar, (01/9) panitia berharap bahwa kegiatan tersebut akan terus terlaksana tiap tahun pada moment perayaan tahun baru Islam. Sebagai bagian bentuk silaturrahim santri dan masyarakat desa Gersempal. Sementara itu, dalam ceramahnya salah satu pengasuh pesantren yakni KH. R. Saifullah Ja’far mengulas panjang lebar tentang Tahun Baru Islam diantaranya beliau menyampaikan bahwa kata Hijriyah dalam bahasa arab, secara lughawi diambil dari kata Hijrun yang memiliki arti Mujaharotu min baladin ila bilad, sementara secara istilah diartikan Hijrah Min Daaril Kuffar ila Daaril Islam, yaitu peristiwa pindahnya Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat dari Mekkah ke kota Yastrib (Madinah). Sejarah dibuatnya penanggalan dalam Islam terjadi semenjak pemerintahan kholifah Sayyidina Umar  ra. Atas Salah satu usulan Sahabat Abu Musa Al-Asyari (sekeretaris)  beliau untuk dibuat penanggalan Islam, setelah diadakan musyawarah akhirnya disepakati bahwa awal bulan hijriyah di awali pada bulan muharrom.

Pada akhir acara, setelah pemberian hadiah kepada ketua-ketua pondok dalam lomba kebersihan kamar, di adakan pementasan pencak silat Pagar Nusa oleh Santri yang diringi dengan  iringan music Kidung Wahyu Kolosebo karya Sunan Kalijaga.

Tampak KH. R. Saifullah Ja’far menyampaikan Mauidhoh Hasanah di Hadapan Santri dan Masyarakat Desa Gersempal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*