Sayyidina Abdul Kholiq Al-Ujdawani Qs. Mursyid silsilah ke-11

Sayyidina Abdul Kholiq Ibnu Syaikh Abdul Hamid Al-Ujdawani Qs, salah satu pembesar Imam Thoriqoh Naqsyabandiyah. Beliau mengambil thoriqoh melalui Syeikh Yusuf Al-Hamdani Qs. Ujdawani merupakan nama suatu desa. Berjarak 6 Farsah dari Bukhara (kurang lebih 1.502 Kilometer), dan termasuk keturunan Imam Malik Ra. Diceritakan, ketika Syekh Abdul Kholiq Qs. mengaji Tafsir Al-Qur’an kepada Syeikh Shodruddin Rohimahullah dan ketika sampai pada ayat:

“اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضُرُّعًاوَخَفْيَةً إِنَّهُ لاَيُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ”

Maka bertanya Syeikh Abdul Kholiq Qs. kepada Syeikh Shodruddin. “Hai Syeikh… Apa hakikat dari dzikir khofi…? Dan thoriqoh manakah yang menerapkan dzikir khofi? Karena melakukan dzikir jahri dengan menggerakkan badan terkadang akan menjadi riya, sementara dengan dzikir khofi maka godaan syetan laknatullah ‘alaihi, sebagaimana Sabda Nabi SAW:

“إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَجْرِى مَجْرى الدَّمِ فِى الْعَرُوْق”

“Sesungguhnya syeitan ketika hendak berjalan melalui jalan darah anak adam”

Maka berkata Syeikh Shodruddin kepada Syeikh Abdul Kholiq Qs, “Sesungguhnya ini yang dinamakan ilmu ladunni” (Maksudnya pemahaman Syeikh Abdul Kholiq tersebut).  Insyaallah, Allah Ta’ala akan mengutus salah satu wali-Nya, dan akan mentalqin dzikir khofi kepadamu.

Sudah sekian lama Syeikh Abdul Kholiq Qs. menunggu akan sampainya kabar gembira tersebut yaitu kedatangan Wali Allah seperti yang dikatakan oleh Syeikh Shodruddin. Sampai suatu hari, beliau di datangi oleh Nabi Khidir AS, dan berkata kepada Syeikh Abdul Kholiq Qs: “Kamu adalah anakku”. Kemudian Nabi Khidir As. mendidik Syeikh Abdul Kholiq Qs. tentang tata cara Wuquf Adadi serta tata cara dzikir khofi. Serta Dzikir Nafi Isbat لآ إِلَـهَ إِلاَّ اللهْ diakhiri dengan kalimat مُحَمَّدٌرَسُوْلُ اللهْ. Dzikir didalam hati sambil menyelam di kedalam air. Maka pada waktu tersebut, akhirnya Syeikh Abdul Kholiq Qs. mengalami Majdzub جَذْبَةٌ مِنْ جَذَبَاتِ الرَّحْمَنِ. Dan tata cara ini turun temurun dilakukan oleh Thoriqoh An-Naqsyabandiyah. (dikatakan oleh Syeikh Abdul Majid Al-Khoni).

Diterjemahkan dari Kitab “An-Nurur Rohmani” oleh K. Abdul Hamid Roqib An-Naqsyabandy

One Reply to “Sayyidina Abdul Kholiq Al-Ujdawani Qs. Mursyid silsilah ke-11”

  1. Alhmulillah saya sarifudin sirruhu sangat bersyukur kpd Allah SWT.dengan inayah Allah jdi salah satu pengmal torikoh yg agung ini .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*