Wagub Jatim Hadiri Haul Akbar Thariqat Naqsyabandiyah

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Sabtu malam, menghadiri haul akbar para ulama dan guru Thariqat Naqsyabandiyah Gersempal yang digelar di Masjid As-Syuhada Pamekasan.

Wagub datang dalam acara itu, dan mengikuti rangkaian kegiatan haul, bersama para ulama dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan.

‘Sungguh merupakan kehormatan, saya diundang hadir dalam acara haul akbar ulama ini, sebab dengan begitu saya dapat bersilaturrhami dengan para ulama dengan harapan akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT,’ kata Syaifullah Yusuf dalam sambutannya.

Salah satu ajaran para ulama yang sampai saat ini tetap lestari dan masih berlangsung karena merupakan tradisi baik adalah mencoba mengenang, dan mengingat jasanya dengan menggelar haul.

Haul adalah kegiatan bernuansa agama yang digelar saat hari wafatnya ulama dimaksud dengan tujuan untuk mengenang jasa selama hidup. ‘Inilah bedanya ulama dengan nabi. Ulama dikenal saat wafatnya, Nabi Muhammad pada hari lahirnya,’ terang ‘Gus Ipul’ sapaan karib Wagub Syaifullah Yusuf itu.

Dalam kesempatan itu Wagub juga menyampaikan pendapatnya tentang kebaikan ajaran thariqat yang salah satunya adalah tradisi haul.
Pertama, hal itu merupakan pelajaran dari Rasulullah bahwa kebaikan itu tidak akan hilang.

Bahkan, kata Wagub, kebikan itu tetap akan melekat walaupun orang yang berbuat kebaikan itu sudah wafat tetap dingat orang. Ia mencontohkan seperti Syaikhona Kholil Bangkalan.

‘Meski beliau sudah wafat, tapi masih diingat sampai sekarang dan demikian juga dengan ulama-ulama yang ada di Batuampar, Pamekasan,’ katanya.

Kedua, thariqat juga mengajarkan bahwa hubungan murid dan guru tidak pernah putus. Setiap hari, setiap minggu, bulan dan tahun selalu nyambung terus dengan adanya ‘tawassul’ yakni upaya mengikat hubungan dengan terus mendoakan guru-gurunya.
‘Ajaran seperti ini juga merupakan ajaran Nahdlatul Ulama. Makanya kalau mencari guru atau mursyid jangan sembarangan, harus jelas nasab keilmuannya,’ terang Gus Ipul.

Wagub yang juga mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor juga mendoakan agar hadirin dalam kegiatan haul akbar itu nantinya akan menjadi orang yang selamat dunia akhirat. ‘Mudah-mudahan kumpulan kita ini selamat di dunia dan akhirat,’ kata Gus Ipul.(ant/rd)

sumber : http://www.ciputranews.com/ibu-kota-daerah/wagub-jatim-hadiri-haul-akbar-thariqat-naqsyabandiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*